Ki Ora New Zealand!

Apa yang ingin kalian lihat kalau liburan ke luar negeri? Kota yang canggih dan maju, sistem transportasi yang bikin iri tingkat dewa, budaya mereka, atau alamnya? Saya sih sejujurnya, akan memilih tiga hal yang pertama. Maklumlah, karena tinggal di negara berkembang, saya haus dengan yang namanya kemajuan dunia luar. Eh, bukan buat sok-sok an loh, tapi buat nambah wawasan, pengalaman dan biar gak kampungan aja! Hehehe.. Gimana dengan wisata alam? Saya dari dulu yakin seribu persen bahwa Indonesia ini punya alam tercantik di dunia. Bedanya hanya kita tidak bermusim empat seperti negara-negara barat. Jadi mungkin kita tidak bisa melihat perubahan warna pohon saat musim gugur, putihnya pohon cemara saat musim dingin dan jatuhnya daun-daun maple yang membuat suasana seperti drama Korea. Karena saya cinta alam tropis, akhirnya untuk menikmati alam, saya tetap memilih Indonesia sebagai tujuan utama.

source: newzealand.com
source: newzealand.com

Hmmm, tapi ngomong-ngomong ada loh, negara yang punya perpaduan alam tropis dengan empat musim, tergolong negara maju (jadi kita bisa belajar banyak) dan dekat dengan Indonesia! Yes, New Zealand (NZ) alias Selandia Baru. Asal tahu saja, negara ini ada di peringkat 8 negara paling bahagia di dunia berdasarkan survei yang dilakukan oleh PBB Tahun 2016 dan 2017. Finally, saya pun memasukkan NZ sebagai salah satu destinasi impian saya. Saya percaya kok, mimpi itu akan diwujudkan oleh Tuhan di depan mata. Berdasarkan pengalaman, sudah beberapa kali saya ingin ke satu destinasi, tau-tau adaaa sajaaa jalannya!

Eh, beberapa minggu lalu, saya diundang Female Daily untuk ikutan blogger gathering dan kompetisi blog dengan hadiah utama jalan-jalan ke NZ! Yeayy! Pucuk dicinta ulam pun tiba!  Yakin deh, kalo rejeki gak kemana!

 undangan dwidaya

Tiba-tiba terbayang saja di depan mata, merasakan atmosfer negara maju tapi tetap bisa menikmati alam bermusim empat dengan cuaca yang masih terhitung hangat. Hehehhe, ini penting banget, soalnya saya tidak kuat dingin. Musim dingin di NZ  “hanya” memiliki suhu antara 7-20 derajat celcius. Bandingkan dengan Amerika yang musim dinginnya rata-rata hanya 5-10 derajat atau Eropa yang hingga minus. Brrrrr.. 

Mau ngapaian ajaa yaaa?

Saya sudah tidak sabar melihat pemandangan dramatis di Glenorchy, Queenstown. Sukur-sukur kalau diijinkan mengemudi disana. Membayangkan melewatu pegunungan dengan hamparan salju di kanan-kiri. Lalu mampir berfoto yang instagram-able sebanyak-banyaknya (kalau perlu buat stok satu tahun) di Lake Wakatipu dan menonton hewan-hewan liar seperti  paus, lumba-lumba, penguin, albatross, kiwi dan tuatara (reptil khas NZ). Konon, saking banyakna satwa liar, jumlah penduduk NZ hanya 5% sementara 95% mahluk hidup (di luar tanaman) adalah hewan! Saya penasaran, bagaimana Pemerintah NZ menjaga keanekaragaman hayati-nya. Ini pasti menjadi liburan sambil menyelam minum air… eh…maksudnya liburan sambil belajar.

source: www.crownrelo.com
source: www.crownrelo.com

Saya juga ingin sekali merasakan kehangatan budaya suku Maori, suku asli Selandia Baru yang menjadi icon NZ. Adat yang paling terkenal dari suku maori adalah seni tatonya. Tato merupakan perlambang yang bermakna suci dari bagi orang Maori. Mereka pun mempunyai cara khusus untuk menato tubuhnya, yaitu dengan membuat torehan/pahatan pada kulit dengan menggunakan pisau atau pahat yang terbuat dari kulit kerang laut.  

source: www.liputan6.com
source: www.liputan6.com

Ada lagi nih, buat yang hobi menantang adrenalin. NZ terkenal dengan  wisata olahraga tantangan. Ada zorbing, jetboating, ziplining, skydiving, caving, heli-biking, bungy jumping dan skydiving. Waduh apaan tuh? Yang jelas kalau senang menantang keberanian, terjun dari ketinggian ratusan meter, merasakan sensasi lain dari arung jeram atau ski di padang gletser? Wah, saya sendiri sih takuttt…tapi boleh juga dicoba kalau kesana.

source: youtube.com
source: youtube.com

Transportasi dan Akomodasi

Ini sih penting banget buat saya yang seorang budget traveler. Dari hasil browsing, salah satu maskapai full service yang paling banyak promonya adalah Malaysian Airlines. Bulan lalu saya sempat mencoba terbang dengan maskapai ini untuk rute Kuala Lumpur-Narita. Ini penerbangan pertama saya dengan Malaysian Airlines dan hasilnya saya cukup puas. Maklum, untuk penerbangan jarak jauh kadang saya suka bermasalah dengan makanan yang disajikan. Alhmadulillah, di Malaysian Airlines makanannya pasti halal dan sangat Asia, sehingga cocok buat lidah orang Indonesia kebanyakan.

 unnamed

Untuk tahu promo-promo Malaysian Airlines, sering-sering saja buka Instagram Dwidaya Tour di @dwidaya_tour. Jangan mepet-mepet ya, nyarinya…biar bisa dapat harga yang super ekonomis. Kalau mau lebih nyaman, Dwidaya juga punya paket-paket Tour ke New Zealand yang terjangkau, lengkap dengan tour guide dan pilihan waktunya beragam. Coba saja dicek di www.dwidayatour.co.id

Screenshot 2017-03-23 15.18.09

Nah, kalau sudah beres bisa deh hunting akomodasi. Hasil penelusuran saya, sepertinya tidak sulit mencari akomodasi hotel di seluruh wilayah NZ. Karena tourism menjadi salah satu fokus pemerintahnya, kita bisa dengan mudah mencari penginapan dari berbagai kelas. Hmm, makin gak sabar… Oya, saya juga menemukan instagram @purenewzealand, yang berisi seluruh informasi jalan-jalan di New Zealand.

 Screenshot_2017-03-23-19-40-55-68

Jadi kapan kita jalan bareng? Doain saya menang yaaa..

Ki Ora New Zealand! Selamat datang di Selandia Baru!

 Source featured picture: www.theplanetd.com 

 

(Visited 75 times, 1 visits today)

3 Comment

  1. Fahmi says: Reply

    Whoaa, good luck! New Zealand keren banget kok emang! kalau bisa kesana pasti seru!

    1. vika says: Reply

      Thanks broooh!!

  2. hwiiihh kerennyaaa mupeng lah ke NZ jugak

Leave a Reply