Tujuh Destinasi Ter-Selfie 2015


Jalan Jalan, Obrolan, Opini

Destinasi-destinasi berikut saya temukan paling banyak di sosial media dan internet. Ada yang jauh, ada yang dekat. Good news buat pariwisata lokal. Selfie memang seru, tapi tetap perlu hati-hati. Sudah banyak kejadian selfie yang menantang bahaya benar-benar merenggut nyawa. and..here they are… 1. Gunung Padang, Cianjur: Terletak  sekitar 1,5 jam dari Pusat Kota Cianjur Situs peninggalan kuno yang asal-muasalnya […]

January 4, 2016

2016: Do More, Travel More, Learn More..


Jalan Jalan, Obrolan, Opini

Judul tulisan diatas, semoga bukan cuma mimpi saya. Setiap awal tahun, ada yang jelas-jelas bikin target : tahun depan gak jomblo lagi, tahun depan beli rumah, tahun depan beli jet pribadi…bla..bla.. Tapi Saya rasa, sebagian besar orang membuat resolusi setiap tahunnya dengan tema-tema yang abstrak, seperti karir makin meningkat, rejeki makin lancar, ibadah makin baik, hidup […]

January 2, 2016

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Perlukah?


Obrolan, Opini

Eforia pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, awalnya pembatalan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, September lalu adalah keputusan final. Namun tiba-tiba mengemuka di media, bahwa proyek ini dilanjutkan dengan menggandeng satu konsorsium dari China. Kenapa China, karena hanya China yang mau menggunakan skema B2B (Business To Business), sementara Jepang sebagai kandidat lawan tidak dapat menggunakan skema ini, […]

October 15, 2015

So, where the passion goes?


Obrolan, Opini

Ada yang hilang dalam diri sendiri akhir-akhir ini. Pertama, nyaris tidak pernah traveling yang jauh-jauh hampir satu tahun lamanya. Kedua, hidup kayak robot. Pergi subuh, pulang malam dan melakukan pekerjaaan yang (sangat) menjemukan. Ketiga, miskin kreativitas!! Entahlah, karena ini Oktober dan saya lagi berulang tahun dan kian tambah dewasa (baca:tua) yang kesemuanya menimbulkan pertanyaan baru: […]

October 11, 2015

tidak mau mati, sebelum…


Jalan Jalan, Opini

Sejauh ini, kalau dihitung hitung saya sudah menjejakkan kaki di hampir 2/3 provinsi di Indonesia. Tapi sih itu sebagian besar karena dinas (bukan jalan-jalan) dan kebanyakan di ibukota provinsi alias gak sampe blusukan melihat alam cantik di pelosok negeri. Orang tua saya juga datang dua daerah, yang jauh jaraknya, satu dari Sulawesi selatan, satu lagi […]

August 20, 2015

pelangi pelangi persahabatan


Obrolan, Opini

Ketika orang rame-rame mengubah profile picture-nya di Fesbuk dengan latar warna pelangi, saya gak ikut-ikutan latah. Awalnya saya pikir, itu buat lucu-lucuan aja. Kekinian gitu. Belakangan saya baru tahu, bahwa itu adalah campaign dukungan kepada LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender) dimana Amerika Serikat baru saja mengesahkan pernikahan bagi sesama jenis di 50 negara bagiannya. Kalau […]

June 30, 2015

Menanti Presiden di persimpangan…


Opini

Dua hari lalu saya tergelitik ketika membaca headline hampir semua media online tentang permintaan Presiden Jokowi kepada semua menterinya untuk membuat Laporan Kinerja selama bekerja 6 bulan terakhir. Isu yang berhembus, ini berkaitan dengan wacana reshuffle kabinet. Saya tidak akan menyoroti soal reshuffle, tapi saya bingung soal laporan. Agak lucu aja, ketika seorang Presiden harus […]

June 17, 2015

pay in advance


Obrolan, Opini

Saya percaya setiap orang punya periode sendiri-sendiri dalam hidupnya, dan periode itu tidak sama dengan orang lain. Kalau saat ini saya bahagia dan teman saya tertimpa masalah, bukan berarti hidup saya lurus-lurus saja tanpa pernah punya masalah. Begitu pun sebaliknya. Bahagia pun ukurannya sangat relatif.  Ada seorang temen yang kelihatannya punya hidup yang sempurna. Fisik […]

June 3, 2015

Ketika Membayar Pajak saja belum cukup..


Obrolan, Opini

Dulu saya berpikir, karena sudah rutin membayar pajak, artinya urusan saya dengan negara ini selesai. Saya bebas komplain, bebas memprotes semua hak saya sebagai warga negara yang belum sempurna. Macet dikit, saya sudah ribut ngomongin ketidakbecusan pemerintah mengelola lalulintas. Pelayanan kesehatan yang amburadul saya omelin. Belum lagi kalau nonton koruptor ditangkep KPK. Langsung terucap “Oh, […]

April 26, 2015

A New Turning Point


Obrolan, Opini

Ketika ditawarkan untuk mengisi sebuah posisi di salah satu bank terbesar di tanah air, saya merasa geli sendiri. Saya pikir, mantan atasan saya di Aceh yang menawarkan pekerjaan itu salah memilih orang (Piss, Pak Ed!) Dari jaman dahulu kala, tidak pernah sedikit pun terbayang bekerja di dunia perbankan. Rasanya kok jiwanya bukan “gue banget”. Gue […]

March 21, 2015

Tidak berani menjadi kreatif


Obrolan, Opini, Sahabat

Kalau kamu berpikir mereka yang hebat adalah mereka yang “menjual” CV nya kemana-mana lalu, bekerja di kantor bergengsi dan mendapatkan gaji besar, mungkin pikiran itu harus dievaluasi ulang. Di banyak kesempatan, akhir-akhir ini saya bertemu banyak teman yang bagi saya lebih hebat dari mereka yang punya CV mentereng. Mungkin secara akademis mereka biasa-biasa saja, tidak […]

February 9, 2015

KPK dan Polri, Pacar Lama dan Pacar Baru


Obrolan, Opini

Sejatinya menjadi berbeda bisa jadi hal paling sulit di negeri ini. Terus terang, menulis hal yang “mungkin berbeda” ini pun membuat saya ngeri. Ngeri dikira tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi, ngeri dikira antek asing, ngeri dikira -gara-gara dulu saya memilih Jokowi-saya menutup mata atas celah kerja kabinetnya. Atau bisa jadi saya dikira pro partai moncong […]

January 23, 2015

Galau?! Jalan jalan-lah!!


Jalan Jalan, Obrolan, Opini

Gara-gara baca sebuah meme di sosial media, saya tetiba pengen nulis tentang topik ini. Saya sih tidak pernah mengakui diri saya sebagai traveler, kalau pun sering jalan-jalan mungkin itu rejeki saja. Merencanakan dan punya budget jalan-jalan secara khusus pun sebenarnya tidak pernah. Nah kalau dibilang jalan-jalan adalah obat galau, tentu itu bener banget. Saya juga […]

January 20, 2015

Pak Jonan, saya belum ke Raja Ampat!


Obrolan, Opini

Sebagai pengguna KRL yang sudah bongkotan, sebenarnya saya ini fans Pak Ignasius Jonan. Buat saya beliau hebat, mampu merubah stasiun-stasiun kumuh menjadi stasiun ala-ala Eropa dan Amerika. Belum lagi penghapusan KRL Ekonomi-yang awalnya menuai protes-ternyata justru membuat KRL menjadi angkutan massal yang ramah tanpa sekat kelas sosial. PT KAI yang sempat merugi bertahun-tahun disulap menjadi […]

January 8, 2015