8 Tempat Wisata Alam di Malang yang Masih Tersembunyi


Jalan Jalan / Monday, May 14th, 2018

Kalau jalan-jalan ke Malang, yang jadi top of mind pasti buah apel-nya. Apel Malang yang rasanya khas manis-manis asem ini bukan cuma jadi oleh-oleh tapi potensi wisata agro dan kuliner di Malang.  Ada juga Batu Night Park atau Eco Green Park yang wajib kamu kunjungi di kota ini.  Sebenarnya masih pilihan obyek wisata lain di Malang dan sekitarnya yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut. 

Malang memang salah satu daerah wisata unggulan di Jawa Timur. Wajib banget jadi rekomendasi karena alamnya memiliki topografi yang beragam. Tidak hanya berkutat di sekitar dataran tinggi dengan Gunung Bromo sebagai maskot-nya, ternyata Malang juga menyajikan wisata pantai yang tak kalah eksotis. 

Enaknya lagi, ke Malang ini gak pake ribet. Hampir seluruh moda transportasi tersedia menuju Malang. Buat kita-kita yang tinggal di Jakarta, angkutan ke Malang sangat beragam, bisa transportasi darat (bis, mobil dan kereta) hingga pesawat terbang. Tapi buat kalian yang di luar Pulau Jawa, tentu lebih efektif menggunakan transportasi udara. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah cari tiket pesawat murah, siapkan perbekalan dan nikmati berwisata alam di seluruh daftar tempat alam yang sangat eksotis ini. 

Kalau bosen dengan wisata kuliner, bosan ke museum angkut dan sudah sering ke Batu Night Park, ini ada delapan rekomendasi khusus buat kalian yang senang dengan adventure di alam lepas. Yuk, simak satu-satu

  1. Coban Tundo

Coban adalah nama lain dari air terjun. Tempat wisata ini terbilang baru di Malang sehingga masih relatif alami. Letaknya di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai destinasi wisata ekstrim. Airnya berwarna biru muda dan memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Untuk mencapainya, akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Malang.

  1. Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng berada di Desa Banjarejo, Kec. Donomulyo, Malang. Letaknya yang tersembunyi membuat Pantai Kedung Celeng jadi pilihan bagi Anda yang suka mengeksplorasi tempat baru. Kalau dilihat dari tebing atau ketinggian, pemandangan pantai ini persis pantai-pantai di pedalaman Indonesia Timur. Airnya masih bening serta tidak terlalu berombak. Bisa deh santai-santai sambil foto-foto buat stok instagram

  1. Pantai Licin

Pantai ini terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kec. Ampelgading, Kabupaten Malang. Rutenya terbilang sulit sehingga ada kemungkinan kamu harus berganti moda transportasi dengan sepeda motor ojek lokal. Selama perjalanan menuju pantai ini, kamu akan menemui pemandangan alam yang berliku-liku dan sangat menawan. Dan semua kelelahan akan terbayar setelah tiba di lokasi karena pantainya yang memang keren!

  1. Tebing Watu Talang

Berada di Dusun Sumbermulyo, Kec. Pujon, Malang, tempat wisata ini juga terbilang baru. Watu Talang masuk dalam denah wisata Coban Supit Urang. Di tempat ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang berbeda dari wisata alam Malang biasanya karena kamu akan diajak mendaki tebing untuk menikmati keindahan yang tak ada duanya. Cocok buat yang suka hiking.

  1. Coban Pelangi

Air terjun instagramable ini, berada dalam wilayah konservasi alam di perum perhutani Jawa Timur, dan berjarak 32 Km dari kota Malang. Saran saya, untuk mengunjunginya, fisik kamu harus dalam keadaan yang prima. Kamu akan melihat pemandangan alam yang masih sangat asri dan hijau. Tak kalah istimewa, kamu  ada pelangi dimatamu yang melingkar di bawah air terjun. Penasaran kan??

  1. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Bajulmati. yang berjarak sekitar 64 km dari Kota Malang. Di Pantai Ungapan, terpampang nyata deretan batu besar di sebelah kanan pantai yang mirip dengan buaya. Selain itu, pantai ini juga memiliki air laut berwarna biru dengan batu-batu besar di bibir pantainya. Kamu akan dikejutkan dengan keindahan gradasi warna air laut yang biru. Jangan lupa, momentum terbaik kesini adalah senja hari untuk menikmati sunset-nya yang unforgettable.

  1. Coban Rondo

Ini nih, lokasi yang akhir-akhir ini heitss banget di media sosial. Letaknya kurang lebih 12 km dari Kota Batu, tepatnya di desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Air terjun yang eksotis ini memiliki ketinggian 60 meter. Di sini tersaji pemandangan alam khas Malang yang luar biasa indah. Konon, air terjun memiliki catatan mistis dari cerita cinta Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Hmm, siapa yaa? Selain air terjun disini juga ada lokasi labirin dari tumbuhan dan camping ground yang disewakan.

  1. Pantai Batu Bengkung

Pantai ini terletak di pesisir selatan Kabupaten Malang dan memiliki ombak yang cukup besar. Di bagian pantai, memang ada rambu dilarang berenang yang terlihat dengan jelas. Namun jangan khawatir,  ada beberapa titik di pinggir pantai yang bisa dijadikan sebagai laguna tempat berenang yang menawarkan sensasi berbeda dari sekedar berenang di pantai. Pemandangannya juga asyik banget, dengan tebing-tebing tinggi yang bikin tempat ini beda dengan pantai-pantai lain di Malang.

Jadi kapan jalan-jalan ke Malang? Saya diajak yaa…

Feature image : infomalang.co.id

(Visited 506 times, 1 visits today)

8 Replies to “8 Tempat Wisata Alam di Malang yang Masih Tersembunyi”

  1. Dari semua yang disebutkan baru ke Coban Rondo dan Coban Tengah yang ada di satu area dengan Coban ROndo… Kalau ke Malang musti coba beberapa lokasi di atas

  2. wah saya belum pernah ke Malang mbak, baca artikel mbak kayanya gak cukup 2 hari nih buat explore ke sana hihi

    terima kasih infonya ya, semoga saya bisa segera menginjakan kaki di sana 🙂

  3. Thanks infonya Mba. Artikelnya sukses membuatku penasaran da langsung googling fotonya. Ternyata kece bangett! Kalo ke Malang mesti dikunjungi nihh

  4. wah cocok sama hobiku yang sering blusukan nyari tempat-tempat seru yang jarang terjamah manusia. makasih mbaaak infonya, bisalah kalau pas ke malang blusukan ke tempat-tempat itu hehehehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *