Eksotika pantai berbatu (Belitung Part 2)


Jalan Jalan, Obrolan / Monday, December 31st, 2012

Masih melanjutkan cerita tentang liburan singkat saya di Belitung minggu lalu, kali ini sedikit ulasan tentang pantai-pantainya. Ini adalah liburan kedua saya bulan ini ke tempat bernama pantai. Bulan lalu disela-sela tugas ke Aceh saya menyempatkan mampir ke beberapa pantai di bumi nanggroe tersebut. Di Belitung saya berkunjung ke beberapa pantai yaitu, pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Binga, Tanjung Kelayang hingga ke Pulau Lengkuas dan Pulau Burung. Komplit-lah, meski capeknya juga komplit. Tapi seneng dan puas banget.

Komentar saya secara keseluruhan, pantai-pantai di Belitung sangat eksotis dan punya karakter yang belum tentu ada di daerah lain terutama di Indonesia. Namun lagi lagi (dan selalu begitu), pariwisata Belitung (seperti juga sebagian besar provinsi lain di Indonesia) masih jauh dari optimal pengelolaannya. Sayang banget. Transportasi umum di Belitung sangat minim, bahkan nyaris tidak ada.  Akibatnya wisatawan mau tidak mau harus ikut dalam rombongan travel. Selain harga yang kadang sedikit lebih mahal, tidak semua wisatawan enjoy bepergian dengan biro travel yang jadwalnya cenderung mengikat. Apalagi kini makin banyak orang yang senang bepergian ala backpacker. Belitung khususnya Penduduk Tanjung Pandan pun menurut saya belum siap daerahnya menjadi daerah wisata.  Belum banyak usaha souvenir barang-barang khas Belitung, tempat makan yang masih terhitung sedikit pilihannya. Harusnya kedua hal tadi bisa membuka lapangan kerja baru bagi penduduk Belitung. Yah, ini sih bisa dimaklumi, meski sudah banyak yang mengenal keindahannya sejak dulu, tetapi harus diakui fenomena Andrea Hirata dan Laskar Pelangi-nya membuat Belitong alias Belitung menjadi lebih mendunia. Namun, apapun kekurangannya, Belitung sangat direkomendasikan sebagai tempat berlibur baru. Saya selalu dan selalu menyimpan semangat optimism akan majunya pariwisata Indonesia.

Industri ini adalah salah satu industry dengan pertumbuhan paling tinggi beberapa tahun terakhir.  Belum optimal saja, pertumbuhannya sudah tinggi, gimana jika dikelola lebih serius? I’m proud being an Indonesian. Lovely Indonesia.

berasa jadi putri duyung..hehehe
berasa jadi putri duyung..hehehe

(Visited 162 times, 1 visits today)
Share

One Reply to “Eksotika pantai berbatu (Belitung Part 2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *