Sushi vs Ramen


Jalan Jalan / Monday, December 8th, 2014

Makanan Jepang? Yang kebayang di otak saya cuma sushi. Yes, saya pencinta sushi baik yang mentah maupun matang. Lucunya lima enam tahun yang lalu makanan ini gak pernah bisa sukses lewat di tenggorakan saya. Namun sekarang sushi menjadi salah satu alternatif jika makan di luar rumah. Beberapa tahun belakangan, ramen sejenis mie asal Jepang mulai menyaingi kepopuleran sushi. Apalagi untuk menyesuaikan selera pedas orang Indonesia, ramen disini dijual dengan level kepedesaan dari yang paling biasa hingga yang paling pedas. Sayangnya saya bukan penggemar makanan berbahan dasar mie. Beberapa kali mencoba ramen pun, saya pasti memilih yang bersayur banyak untuk dihirup bersama kuahnya yang segar.

Chicken Teppan Ippudo yang enak banget,,
Chicken Teppan Ippudo yang enak banget,,

Ngomong-ngomong, menurut saya sushi yang dijual di Indonesia adalah yang paling enak. Mungkin karena yang sudah disesuaikan dengan lidah melayu. Saat di Amerika bulan Oktober lalu, saya sering dibawakan sushi untuk makan malam. Sushi van Amerika ukuranya gede-gede. Untuk saya yang ceking ini, makan dua tiga potong udah kenyang banget. Rasanya? Hambar! Tipikal makanan Amerika lain yang miskin bumbu. Sushi paling enak dan murah yang dijual di pinggir jalan saya temukan di Hongkong. Sangking kalap-nya, saya dan teman-teman saat itu memborong banyak. Ukurannya kecil-kecil pas untuk sekali telan. Tapi saya belum pernah ke Jepang, sebagai induknya sushi, katanya rasa sushi di negeri sakura itu lumayan jauh berbeda dengan yang sering kita temui di Jakarta. Hemm, penasaran, semoga dalam waktu yang tidak lama lagi, saya bisa mampir kesana.

Kiwi di Ippudo yang segerr abiss,,
Kiwi di Ippudo yang segerr abiss,,

Minggu lalu, saya diundang Mbak Amanda Sihombing, Marketing Manager Ippudo Indonesia, sebuah restoran Jepang di Pacific Place, Jakarta Pusat . Ippudo Jakarta belum lama masuk pasar Jakarta. Restoran ini didirikan oleh Shigema Kawahara yang sudah kondang di Jepang dengan julukan King Of Ramen. Ippudo sendiri merupakan restoran Jepang yang mengusung ramen sebagai sajian utama dan sudah berdiri di 12 negara. Namun sayang seribu sayang, karena Ippudo Indonesia baru menyediakan menu halal untuk ramen di awal tahun 2015 mendatang. Tapi tak apalah pikir saya, toh..saya masih bisa menikmati sajian lain. Dan benar saja, saya bisa disuguhi Chicken Teppannyaki yang enak banget dibarengin minuman irisan buah kiwi yang nampaknya dicampur dengan sedikit soda. Seger banget! Saya juga sempat mencicipi appetizer dengan plating ala hotel bintang lima. Bocorannnya chef Ippudo juga “native” dari Jepang. So, tentu saja rasa makanannya sangat autentik. Berani mencoba?!

(Visited 120 times, 1 visits today)

2 Replies to “Sushi vs Ramen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *