Tak Mau Ketinggalan Zaman, KAI Sampai Dapat Penghargaan


Opini / Friday, August 10th, 2018

Di zaman yang serba digital ini, teknologi hadir untuk makin mendekatkan masyarakat dengan berbagai fasilitas publik. Berbagai aspek kehidupan sekarang hampir semuanya bisa dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan teknologi. Tak terkecuali aneka layanan jasa, termasuk urusan transportasi. Sekarang sudah bukan zamannya lagi mengantri dari pagi subuh demi membeli tiket. Atau menggunakan jasa calo, seperti yang pernah terjadi di Indonesia bertahun-tahun lalu. Segalanya bisa dilakukan dengan mudah, dari mana saja dan kapan saja dengan bantuan teknologi digital.

Dengan perkembangan yang terjadi saat ini, suka atau tidak suka, semua aspek kehidupan harus mengikuti. Termasuk PT Kereta Api Indonesai (KAI) yang juga tak mau ketinggalan zaman dengan mengikuti perkembangan teknologi untuk mempermudah akses ke semua informasi yang diperlukan penumpang kereta api.

KAI Ikuti Perkembangan Era Digital Agar Tak Ketinggalan Zaman

Sejak beberapa tahun lalu, KAI telah banyak berbenah dan mengalami banyak perubahan yang signifikan. Kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama Badan Usaha Milik Negara ini, untuk terus bertahan di era digital yang serba cepat. Dengan prinsip tak mau ketinggalan zaman, KAI mengikuti gerak teknologi informasi melalui penyediaan aneka layanan penumpang berbasis internet. Apa saja sih terobosan KAI?! Yuk kita simak satu persatu.

Cek Jadwal Kereta Online

Dulu, penumpang harus datang langsung ke stasiun untuk melihat jadwal keberangkatan kereta api ke kota tujuan. Tidak jarang, setelah melihat jadwal beberapa hari sebelumnya, kemudian jadwal mengalami perubahan mendadak dan informasinya tidak bisa didapatkan dengan mudah. Kini, melihat jadwal kereta api bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Baik lewat website maupun ponsel, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta bisa diketahui dalam hitungan detik dan realtime.

Penjualan Tiket Online

Selain menyediakan layanan cek jadwal online, KAI juga menjual tiket secara online. Tidak hanya bisa dibeli di website resmi milik perusahaan, KAI juga menggandeng Traveloka sebagai partner penjualan tiket kereta untuk menjangkau lebih banyak penumpang. Traveloka menjadi partner resmi KAI untuk penjualan tiket jarak jauh dengan berbagai pilihan jurusan. Tidak hanya untuk tiket langsung, Traveloka juga menyediakan tiket lanjutan yang jadi alternatif ketika tiket kereta langsung ke kota tujuan habis terjual. 

Sumber: Dokumentasi Traveloka

Layanan Customer Aktif di Berbagai Platform Media Sosial

Cepatnya arus komunikasi masa kini membuat KAI harus ikut mengejar. Media sosial telah menjadi kanal utama informasi KAI. Jika dulu layanan penumpang hanya melalui telepon dan juga CS yang ada di stasiun, kini penumpang bisa melayangkan berbagai pertanyaan dan keluhan melalui akun media sosial resmi milik KAI seperti Twitter, Facebok dan instagram. Semuanya ditangani oleh admin yang siap sedia selama 24 jam penuh.

KAI Terima 3 Penghargaan

Usaha KAI untuk terus berpacu agar tak ketinggalan zaman berbuah manis di awal tahun 2018. Contact Center Service Excellent Award (CCSEA) 2018 yang terselenggara atas kerjasama Carre Service Quality Monitoring (SQM) dengan Majalah Service Excellence memberikan penghargaan kepada KAI atas layanan kepada penumpang di media sosial. 

Sumber: Dokumentasi KAI

Ada tiga penghargaan sekaligus yang diterima KAI pada acara tersebut, yaitu Predikat Excellent untuk Call Center 121 KAI kategori Public Service. Predikat Good untuk Facebook Customer Service KAI121 kategori Public Service dan Predikat Good untuk Twitter Customer Service @KAI121 kategori Public.

Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggaan, namun tak menghentikan KAI untuk terus berinovasi dan memperbaiki layanan untuk penumpang.

 

Feature Image: Dokumen PTKAI

(Visited 20 times, 1 visits today)

One Reply to “Tak Mau Ketinggalan Zaman, KAI Sampai Dapat Penghargaan”

  1. Sekarang beli tiket kereta selalu via traveloka, simple banget. Dan naik kereta api sudah jauuuuuuuh lebih nyaman dibanding dulu. Walaupun tergantung kelas yang kita beli. Sekarang udah ga ada penumpang yg berdiri di kereta jarak jauh, ga ada ayam naik kereta, peraturannya ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *