Belajar Mandiri di Aldepos Boarding School


Jalan Jalan / Monday, March 4th, 2019

Bogor memang hampir identik dengan kota pelajar. Mungkin karena disini berdiri Institut Pertanian Bogor sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dalam satu dekade terakhir, ternyata Bogor juga menjadi lokasi favorit beberapa boarding school. Tahun ini saja, disini berdiri lagi sebuah boarding school yang terletak di Desa Tenjolaya sekitar 10 km dari Kampus IPB Dramaga. Berada di atas lahan kurang lebih 60 Ha, Aldepos lebih dulu dikenal sebagai restoran, villa dan resort. Di kawasan ini, sudah sejak lama berdiri megah Masjid Abdul Fatah yang menjadi milestone pertama lahirnya Aldepos Boarding School. Masjid indah ini akan menjadi salah satu fasilitas belajar mengajar para santri Aldepos nantinya.

Beberapa minggu lalu, saya sempat berkunjung kesini. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Salak membuat Aldepos cocok banget sebagai tempat peristirahatan. Tidak salah jika disini disediakan sekitar 7 villa tematik yang unik dan nyaman. Kontur tanah yang berbukit-bukit menjadikan pemandangannya pun menakjubkan. Ditambah suasana yang tenang, sejuk, tidak hiruk pikuk dan paling penting dekat dengan Ibukota menjadikan Aldepos juga pas menjadi lokasi sekolah berasrama.

Nah, agar lebih detail berikut alasan kenapa Aldepos wajib menjadi top list pilihan untuk melanjutkan sekolah menengah SMP maupun SMA.

1. Rileks

Rileks adalah slogan Aldepos yang merupakan akronim dari Ramah, Ilmiah, Luwes, Edukatif, Kondusif, Spiritual. Rileks merupakan cerminan pendidikan serta keseharian kehidupan santri di Aldepos. Aldepos jauh dari suasana tegang seperti asrama belajar pada umumnya. Letaknya yang berada di bawah kaki gunung dan di tengah pedesaan membuat Aldepos menjadi sangat kondusif untuk belajar dengan nyaman. Kegiatan belajar mengajar pun menyatu dengan alam. 

2. Kurikulum Plus

Salah satu pembina dan “bidan” lahirnya Aldepos adalah Prof. Darwis Hude, seorang tokoh pendidikan yang telah banyak melahirkan sekolah-sekolah berbasis Islam. Prof Darwis memiliki pengetahuan yang luas tentang pengembangan kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum kepesentrenan plus. Pada dasarnya, kurikulum Aldepos mengacu pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan, yang dipadukan (integrated) dengan Kurikulum Kementerian Agama/Pesantren. 

Plus dalam arti bukan saja belajar sesuai kurikulum namun diberi berbagai keterampilan untuk siap menjadi entepreneur. Para pendiri Aldepos bercita-cita, lulusan Aldepos tidak hanya menguasai ilmu agama dan berdakwah, tetapi juga mampu  mandiri dengan mengembangkan bisnis sendiri

3. Biaya Terjangkau

Bukan rahasia lagi, kalau boarding school ternama mematok biaya pendidikan yang tidak tanggung-tanggung. Memang segmen yang dituju sebagian besar sekolah-sekolah ini adalah segmen ekonomi menengah atas. Tidak heran jika ada yang biayanya mencapai diatas 50 juta pertahun, bahkan tidak sedikit yang mencapai ratusan juta. Dengan kualitas yang bersaing, tahun ini Aldepos memberikan potongan uang pangkal sebesar 50%. Secara total yang harus dikeluarkan orang tua untuk masuk ke Aldepos kurang lebih 20 juta rupiah saja.

4. Fasilitas Lengkap

Nah, ini penting banget! Sebagai sebuah sekolah berasrama, sudah seharusnya dalam semua fasilitas ada dalam satu areal. Keunggulan utama Aldepos adalah terletak di tengah-tengah tanah perkebunan dan peternakan yang bisa langsung menjadi tempat praktek.

Didukung masjid yang megah dan luas, proses mempelajari Islam juga akan lebih baik. Di Aldepos selain infrastruktur yang memadai, fasilitas laboratorium juga lengkap ditambah jaringan broadband, perpustakaan hingga fasilitas olahraga yang canggih. Intinya semua proses pendukung belajar mengajar, tersedia disini. Super deh pokoknya!

5. Karakter Lulusan Terbaik

Aldepos mengedepankan proses pembelajaran dengan penguatan pada kompetensi pembelajaran abad 21 dalam aspek knowledge, life skills, literasi dan teknologi yang diramu oleh para ahli secara akurat. Para santri difasilitasi oleh tenaga yang berpengalaman, ahli, amanah, berkepribadian, komunikatif, kreatif, dan inovatif. Mau tau, karakter lulusan Aldepos ? Check this out! 

Karakter Lulusan SMP Aldepos

  1. Lulus Akademik (Ujian Nasional, Ujian Asrama dan Ujian Praktek) di atas standar.
  2. Lulus Ujian Bahasa Arab dan Inggris (Basic)
  3. Lulus Kriteria Akhlakul Karimah
  4. Memiliki hafalan Alquran minimal 3 juz (difasilitasi bagi mereka yang berniat menghafal 30 juz)
  5. Mampu membaca Alquran sesuai kaidah tajwid dasar
  6. Memiliki dasar-dasar kewirausahaan untuk kemandirian hidup
  7. Memiliki kemampuan memimpin do’a dan dasar-dasar khitabah (pidato, ceramah/kultum)

Karakter Lulusan SMA Aldepos

  1. Lulus Akademik (Ujian Nasional, Ujian Asrama, dan Ujian Praktek) di atas standar (bagi yang ingin melanjutkan pada jenjang berikutnya, difasilitasi upaya memperoleh Perguruan Tinggi yang sesuai).
  2. Lulus Ujian Bahasa Arab dan Inggris (Intermediate)
  3. Lulus Kriteria Akhlakul Karimah.
  4. Memiliki hafalan Alquran minimal 2 juz selain yang dihafalkan pada jenjang SMP (difasilitasi bagi mereka yang menghafal 30 juz)
  5. Mampu membaca Alquran sesuai kaidah tajwid mahir
  6. Memiliki dasar-dasar kewirausahaan untuk kemandirian hidup
  7. Memiliki kemampuan dasar imam,khitabah (pidato, ceramah/kultum) dan khutbah Jum’at
  8. Mampu mengikuti pendidikan jenjang perguruan tinggi (universitas)

Jadi, nggak usah ragu lagi buat daftar di Aldepos ya.. Info lebih lengkap bisa buka webnya: http://www.safboardingschool.sch.id

(Visited 427 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *