Menegangkan!! Face to Face with Shark di Seaworld Ancol


Jalan Jalan / Sunday, October 6th, 2019

Kembali ke Seaworld, mengingatkan saya akan mata kuliah Ikhtiologi yang khusus mempelajari anatomi ikan. Kalau dulu jaman kuliah, saya masih hapal hampir seluruh nama latin biota-biota di Seaworld, sekarang boro-boro, sudah lupa semua. Tapi itu semua tidak mengurangi cintanya saya dengan laut dan semua keindahan di dalamnya.

Memang kehidupan bawah laut selalu menarik, tidak harus snorkeling atau diving lagi untuk melihat semua itu, cukup datang ke Sea World, kita sudah bisa dibuat takjub dengan indahnya ciptaan Tuhan ini. Seperti halnya wahana-wahana lain di Ancol, Seaworld tidak pernah berhenti berinovasi dan membuat atraksi-atraksi baru yang menarik. Tidak cuma jadi tontonan, tapi juga banyak sekali unsur edukasi di dalamnya.

Sebelum lanjut, ngomong-ngomong kalian tau nggak sih, setiap tahunnya ada 100 juta ekor hiu yang dibunuh? Siripnya yang mahal dan konon merupakan obat yang manjur bagi berbagai penyakit membuat hiu ganas pun tetap dicari. Walaupun tergolog karnivora yang bisa mengancam nyawa manusia, fakta menyebutkan dalam 1 tahun “hanya” 6 orang yang mati karena diserang hiu. Dari angka-angka itu kita bisa lihat siapa yang sebenarnya “the real predator”. Sebagai catatan juga, hiu tidak akan menyerang manusia, kalau tidak diserang duluan. Padahal, jika ada satu biota yang rusak pasti akan mengancam keseluruhan ekosistem yang pada akhirnya kembali merugikan manusia sendiri.

Beberapa jenis tergolong ganas seperti hiu kepala martil (hammerhead shark), menempati urutan keganasan nomor 6 dunia, disusul Hiu Sirip Hitam (blacktip reef shark), posisi 26,Hiu Buto  (giant nurse shark) urutan ke 32. Dann… semua jenis itu ada di Seaworld ini.

Nah, yang terbaru dari Seaworld bernama Face to Face with Shark. Ngapain tuh? Ngobrol sama hiu? Ini nggak cuma ngobrol, tapi ngasih makan tanpa menggunakan alat khusus. Kalau biasanya pakai kerangkeng, Seaworld menghadirkan langsung dua penyelam professional yang memberi makan hiu dengan tangan alias menyuapi hiu.

Wuih, serem nggak tuh?

Mas-mas penyelam menggunakan kostum khusus yang terbuat dari logam dan disebut Shark Suit. Beratnya mencapai 15 kg, loh! Katanya proses menggunakannya saja makan waktu sampai 20 menit. Tentu saja meskipun menggunakan pakaian yang ganti gigitan, tetap perlu pelatihan yang intensif. Satu penyelam akan berada di tengah-tengah hiu, satu lagi bertindak sebagai rescue yang menunggu di bibir kolam. para penyelam membawa ikan segar sekitar 5-7 kilo gram dalam sekali pemberian makan, yang berlangsung selama 10 menit. Ikan hiu akan agresif banget dengan bau amis ikan segar, mereka keliatan kelaparan yang membuat atraksi ini menegangkan, 

Para penyelam, setelah show

Pokoknya, atraksi unggulan Seaworld yang baru ini, wajib banget jadi tempat liburan baru. Pertunjukannya pun ada setiap hari di pukul 14.00. Buat yang penasaran, segara atur jadwal buat bisa kesini, sekalian Kembali Ke Ancol. Kuy lah!

 

(Visited 57 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *