Makan ala Sunda di Tanah Rencong..


Aceh Lon Sayang / Friday, November 14th, 2008

Lebih dari sepuluh tahun tinggal di Bogor, kadang-kadang membuat gue merasa Sunda Banget. Sttt…tapi tetep aja gue gak bisa berbahasa sunda dengan baik dan benar. Jadi, perasaan itu hanya teridentifikasi dari kedoyanan gue makan daun-daunan dan pepes-pepesan serta sambel-sambelan. Di Aceh 1,5 tahun tentu saja sering membuatku kangen sama makanan-makanan itu. Pernah satu kali aku di pasar deket rumah aku menemukan baby labu siam (alias labu siam kecil-kecil) yang enak banget kalo direbus dan harganya berapa ? sebiji = Rp 1000! Gilingan! Secara di Bogor seribu itu dapet sekilo! Mau beli, tapi kok gue lebih napsu marah-marah dibanding makannya. Sampe kepikir, kalo gue ekspor beginian dari Bogor laku gak ya ?!!

cibiuk24

Akhir taun lalu, finally di Aceh, ketemu juga satu rumah makan Sunda bertitel Cibiuk yang cabang utamanya emang di tanah Jawa Barat sana. Seingatku udah beberapa kali menyambangi tempat ini bersama temen-temen. Menunya lumayan lengkap. Tapi lebih banyak lengkap-nya di daftar menu-nya. Kalo milih menu suka harap-harap cemas, karena keseringan gak ada-nya daripada ada. Sebel kan ? Resto-nya sih keren, tapi biar bagaimanapun tetep lebih enak warung K5 Ibu Atikah di depan terminal Baranangsiang yang hanya buka setelah magrib. Apalagi kalo kalo kesananya jam 2 malem! Nikmat banget deh..

cibiuk11

Semalem, untuk merayakan beberapa perayaan (kalimat yang aneh ?!!) Pusdatin Full Crew makan-makan lagi di Cibiuk. Tapi sayangnya menu ikan jambal plus pete favorit gue lagi gak eksis. Pun pepes oncom dan pepes tahu trade mark makanan Sunda juga berhalangan hadir. Tapi, karena udah menahan lapar dari siangnya, tiba-tiba semua kerasa nikmat. Gak lupa…ujung-ujungnya tetep foto foto.. Cheerss..

(Visited 134 times, 1 visits today)

4 Replies to “Makan ala Sunda di Tanah Rencong..”

  1. wah pepes tahu ma pepes oncom gak ada? karedok gimana? karedok kan mutlak buat si bos?? btw pik, di luar soal makanan, elu tuh lebih betawi daripada sunda. ..hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *