Nyaman dengan JA Connexion ke Bandara

Beberapa tahun lalu, bandara bagi saya ibarat tempat kos. Di pekerjaan sebelumnya hampir setiap minggu saya nongkrong di bandara untuk pergi keluar kota. Meskipun alternatif transportasinya banyak, namun naik kendaraan umum yang efisien dan efektif ternyata belum banyak. Kita cuma punya Damri dan beberapa shuttle bus perusahaan swasta yang itu pun hanya dari tempat-tempat tertentu. Naksi taksi, bagi saya kadang-kadang kurang efisien. Selain tarifnya cukup merogoh kantong kalau jalan sendirian, saya juga lebih sering bawa hand carrier, yang tinggal dorong atau gotong saja. Jadi tidak perlu ruang besar untuk meletakkan bagasi.

life

Bulan lalu saya baru tahu, ada alternatif baru bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Baru-baru ini Badan Pengelola Tranportasi Jakarta (BPTJ) bersama beberapa operator bus-bus terpercaya meluncurkan Jakarta Aiport atau JA)Connexion. FYI, BPTJ ini adalah salah satu badan di bawah Kementerian Perhubungan yang punya tugas mulia mengintegrasikan seluruh fasilitas dan moda transportasi di Jabodetabek. Kebayang dong, kalau urusan trasnsportasi dipegang masing-masing Pemda, sementara orang-orang dari wilayah itu, sangat tinggi mobilitasnya dan semua saling terkait. BPTJ nantinya akan jadi tulang punggung koordinasi dan integrasi ini, yang tujuan akhirnya membuat kita para commuter jadi lebih nyaman.

IMG20170708114156
Bapak Bambang Prihartono, Kepala BPTJ

 

IMG-20170708-WA0000 (1) 

Nah,  JAC sendiri apa sih ?JAC adalah bis poin to poin yang melayani rute dari hotel dan mall-mall strategis di Jakarta ke Bandara Soetta (PP).  

Lokasinya dimana saja sih?  JAC tersedia di beberapa mall dan hotel strategis di Jakarta.  Ini dia rutenya:

Rute 1 – Hotel Borobudur, Hotel Alila, Hotel Luminor, Redtop Hotel, bandara Soetta
Rute 2 – Grand Mercure Harmoni, Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Aryaduta, bandara Soetta
Rute 3 – Hotel Grand Cemara, Hotel Ibis Tamarin, Hotel Millenium, bandara Soetta
Rute 4 – Hotel Grand Sahid, Mall Grand Indonesia, Hotel Ascott, bandara Soetta

Sebenernya ada beberapa operator yang bergabung dengan JAC, tapi kebetulan, minggu lalu saya bersama serombongan blogger-blogger keceh diajak Blue Bird Group selaku salah satu operator JAC mencoba armadanya menuju Bandara  Soetta. Kalau nama besar Blue Bird tentu saja tidak perlu diragukan ya..  Istimewanya? Yang jelasnya bisnya nyaman, dengan recyclining seat, wifi on board (anti mati gaya) dan tarifnya bersaing hanya Rp50 ribu selama promosi dan nantinya menjadi Rp75 ribu.

IMG-20170708-WA0009
Ngariung sebelum mencoba JA Connexiion
IMG20170708121614
Yeay…

Dengan mobilitas orang Jakarta yang makin tinggi, kini Bandara tidak ubahnya seperti stasiun dan terminal yang sudah akrab setiap hari. Wajar jika titik-titik keberangkatan ke bandara diperbanyak. Mau ngemall dulu sebelum ke Bandara, bisa! Atau setelah landing langsung meeting di mall, juga bisa! Atau buat kalian yang di luar Jakarta dan ada rencana ke Jekarta, cek dulu..kali-kali aja hotel atau tempat kalian tinggal dekat dengan poin JAC.

Yang belum tinggal kereta bandara nih..kita tunggu ya..semoga benar-benar terwujud dalam 1-2 tahun ke depan!

 

(Visited 84 times, 1 visits today)

11 Comment

  1. Evi says: Reply

    Dengan bus bagus seperti yang disediakan oleh Blue Bird Ini perjalanan ke bandara tentu akan lebih menyenangkan dan nyaman. Kita tidak perlu membawa mobil sendiri lagi atau diantar. Bikin macet soalnya. Sayangnya kalau dari Tangerang sepertinya belum ada ya, Mbak?

    1. vika says: Reply

      kayaknya belum deh, mbak.. moga2 berikutnya..

  2. Praktis banget. Enak ber AC dan langsung ke Pusat Kota. Makin banyak pilihan Makin baik

  3. Waaaah, dengan ini ke mana-mana jadi mudah ya, Kak. Terima kasiiih infonya, Kak.

    1. vika says: Reply

      banyak alternatif yg jelas…

  4. Buat yang suka ada acara ke jakarta dan nginep2 di hotel pasti butuh banget ni…
    Udah ada alternatif jalan tanpa harus naik damri lagi ke terminal. Kebayang dulu sih.. Paling ya naik taksi ato ojek mobil online… Skr alternatifnya makin banyak….

  5. Pelan tapi pasti, semoga Ibukota kita tercinta bisa terus maju dan berkembang seperti kota2 besara yang ada didunia lainnya. yang lebih mementingkan layanan publik 😀

  6. Bena says: Reply

    Ini kalo kereta bandara beneran udah jadi bakalan enak dari planet namec ke bandara nggak usah kesulitan. Meskipun nantinya dari segi biaya lebih mahal ya. Tapi gapapa sih ada harga ada barang. Jelas.

  7. Transportasi ke bandara makin banyak pilihan, makin nyaman dan mudah didapat. Apalagi naik big bird, perjalanan ke bandara jadi menyenangkan

  8. JA Connexion dari Blue Bird ini tetap worth the price dan punya keunggulan daripada Damri biasa. Ada wifi, LCD TV, ruang khusus bagasi, sampai colokan.

  9. Normas andi says: Reply

    Wah.. semakin mudah ni kalo mau ke bandara

Leave a Reply