Tips Memakai Kain Batik


Obrolan / Thursday, August 11th, 2016

Sejak beberapa tahun ini, bagi Saya batik ibarat seragam sekolah. Bayangin aja, dalam satu minggu, saya wajib 3 kali menggunakan batik ke kantor. Alhasil, koleksi batik saya sekarang lumayan banyak.  Hebatnya, batik sebagai warisan leluhur kini bukan lagi dianggap baju resmi Indonesia. Kalau dulu dianggap seragam kondangan atau baju resmi Pak RT, kini batik makin dekat dengan kita. Sudah umum di setiap sudut jalanan kita melihat orang menggunakan batik. Kerennya lagi, modelnya pun kian beragam.

Seiring dengan berkembangnya mode saat ini, kain batik tidak hanya digunakan sebagai pasangan dari kebaya atau pakaian tradisional saja, namun banyak designer yang sudah menggunakan batik sebagai bahan dasar rancangan mereka. Belakangan batik sedang banyak diminati juga oleh kalangan muda dikarenakan modelnya yang beragam, coraknya yang lebih “muda” dan warna-warnanya yang makin bervariasi. Harus kita tahu, bahwa batik itu tidak cuma berasal dari Jawa loh, hampir seluruh daerah di Indonesia punya batik. Kaya kan negeri kita ?

Hampir semua model pakaian gini sudah menggunakan batik, mulai dari mulai kemeja, jaket, hem, celana bahkan rok batik wanita saat ini lagi hits banget. Dari model resmi hingga santai. Rok batik juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk digunakan di berbagai macam acara dari resmi hingga santai. Ada beberapa model yang bisa jadi pilihan kamu menggunakan batik, sekaligus tips agar menggunakan batik tidak monoton.

Kain batik untuk Rok

Belakangan ini banyak tutorial untuk memakai kain batik menjadi rok tanpa harus dijahit terlebih dahulu, cara ini memang cara yang paling mudah dan simple untuk menggunakan kain batik yang kamu punya. Selain itu kamu juga bisa memakainya di acara-acara formal, ataupun santai. Padanannya pun bisa kebaya semi formal, blouse ringan bahkan cardigan.

batik1

Celana batik

Selain dibentuk sebagai rok, kain batik juga dibentuk menjadi celana. Bagi kamu yang tomboy pasti lebih senang menggunakan model ini karena simple dan membuat kamu jadi lebih mudah bergerak. Kalau dulu celana batik cuma jadi pakaian tidur, kini naik pangkat bahkan bisa digunakan untuk acara resmi tergantung potongannya. Buat kamu yang suka traveling, saya rekomen banget nih punya koleksi celana batik. Selain ringan, lembut, gampang kering, pilihan warna-warna cerah juga bakal bikin foto kamu instagramable!

Dress

Cara ini mungkin agak sedikit unik, namun sudah banyak artis dan beberapa fashion blogger yang membuat tutorialnya. Kamu bisa mem-variasikan kain batik kamu sebagai dress, mulai dari neck dress, atau one shoulder dress. Dress batik dalam potongan sederhana sudah lazim digunakan sebagai pakaian kerja. Biar terlihat lebih formal, kamu bisa menambahkan blazer warna senada.

Dari berbagai pilihan model serta tutorial memakai kain batik yang ada saat ini pasti akan membuat kamu lebih mudah untuk menentukan model dari kain batik sesuai dengan keinginan kamu. Memakai kain batik menjamin penampilan kamu terlihat lebih menarik dan elegan.  Bagi kalian yang lebih senang membeli rok, atau kemeja batik bisa juga dilihat di mataharimall.com untuk berbagai macam koleksi batik.

(Visited 303 times, 1 visits today)

One Reply to “Tips Memakai Kain Batik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *