Sedang Marak: Bisnis Oleh-oleh Kekinian Artis Indonesia
Opini

Sedang Marak: Bisnis Oleh-oleh Kekinian Artis Indonesia

Tak hanya fashion, dunia kuliner tanah air pun memiliki tren tersendiri. Kali ini, para artis Indonesia yang tengah berlomba-lomba untuk membuka bisnis oleh-oleh makanan di berbagai kota. Menariknya, oleh-oleh tersebut mengusung banyak kemiripan, baik dari bentuk kue, rasa, packaging, hingga promosinya. Padahal mereka pun tidak mendirikan bisnis secara bersama-sama.

Di berbagai kota, gerai toko oleh-oleh artis ini selalu terlihat ramai dan penuh antrian. Demi memantau perkembangan bisnis secara langsung, tidak jarang artis-artis ini  datang, pesan hotel di kotanya dan langsung dan ikut melayani secara langsung penjualan produknya. Hal ini tentu sangat ampuh untuk mendongkrak omzet. 

Jadi, siapa saja artis Indonesia yang berkecimpung di bisnis oleh-oleh makanan ini?

Malang Strudel – Teuku Wisnu

Bisa dibilang Teuku Wisnu-lah yang menjadi pelopor para artis untuk membuka usaha oleh-oleh dengan mengusung nama daerah. Berdiri sejak tahun 2014 lalu dan kini gerai Malang Strudel sudah memiliki 6 cabang di kawasan Malang. Ada beberapa varian rasa Malang Strudel yang bisa dipilih, yaitu apel, pisang cokelat, keju, stroberi, nanas, jeruk, mixfruit, dan yang terbaru adalah greentea serta red velvet.

sumber: beautynesia.com

Jogja Scrummy – Dude Harlino

Tak lama kemudian, Dude Harlino ikut membuka usaha serupa di Yogyakarta. Ia bekerja sama dengan petani lokal untuk memadukan kue dengan wortel. Respon masyarakat Yogja dan sekitarnya juga positif, terbukti kini Jogja Scrummy sudah membuka 4 gerai. Varian rasanya terdiri dari cokelat, keju, taro, srikaya, karamel, dan mangga.

Medan Napoleon – Irwansyah

Buat yang di Medan, kamu bisa mampir juga ke Medan Napoleon. Kabarnya, usaha oleh-oleh Irwansyah di Medan tak pernah sepi pengunjung. Dalam suatu wawancara, ia bahkan mengaku kewalahan untuk melayani pesanan. Medan Napoleon merupakan perpaduan kue lapis dengan pastry yang tersedia dalam berbagai rasa, seperti keju dan red velvet.

sumber: mhm.asia

Surabaya Snowcake – Zaskia Sungkar

Tidak mau kalah dengan sang suami, istri dari Irwansyah ini juga turut membuka usaha oleh-oleh di Surabaya. Surabaya Snowcake bisa dikatakan sebagai versi kekinian dari kue lapis khas Surabaya, yaitu terdiri dari cake aneka rasa yang diapit oleh pastry. Bagian atasnya ditaburi gula halus sehingga menyerupai salju.

Bogor Raincake – Shireen Sungkar

Menyusul jejak kakak dan suaminya, Shireen Sungkar ikut merintis usaha oleh-oleh bernama Bogor Raincake. Baru dibuka pada bulan April 2017 lalu, gerai oleh-oleh Shireen sepertinya tak pernah sepi pengunjung. Tidak mengherankan jika ada pengunjung dari luar kota yang sengaja pesan hotel di dekat gerai Bogor Raincake agar tidak kehabisan.

Makassar Baklave – Irfan Hakim

Oleh-oleh kekinian milik Irfan Hakim punya tampilan yang agak berbeda. Tidak memanjang seperti yang lain, Makassar Baklave berbentuk bulat dengan potongan segitiga layaknya pizza. Varian rasanya pun cukup beragam dan sangat kekinian, seperti oreo blast, royal chocolate, rich cheese, dan nutty fruity.

sumber: makassarbaklave.com

Bandung Makuta – Laudya Cynthia Bella

Beralih ke Kota Bandung, ada Laudya Cynthia Bella dengan usaha oleh-olehnya bernama Bandung Makuta. Mirip seperti yang lainnya, makanan satu ini juga terdiri dari pastry dan cake, ditambah dengan krim di atasnya. Beberapa varian rasa yang tersedia adalah cokelat, keju, dan blueberry.

Cirebon Sultana – Indra Bekti

Bersama dengan istrinya, Indra Bekti merintis usaha oleh-oleh Cirebon Sultana yang resmi dirilis pada April 2017 lalu. Cirebon Sultana hadir dalam bentuk cake yang dibalut dengan pastry. Ada berbagai jenis rasa yang ditawarkan oleh Cirebon Sultana, yaitu mangga, blueberry, chocobanana, keju, dan double chocolate. Semuanya dibanderol dengan harga Rp 55.000.

Nah,..Itulah beberapa artis Indonesia yang membuka usaha oleh-oleh kekinian di berbagai kota. Jika tertarik untuk mencobanya dan sekalian ingin berlibur, yuk langsung saja pesan hotel di dekat gerai oleh-oleh tersebut agar bisa segera mendatanginya begitu jam operasional dibuka. Dengan begitu, kamu tak perlu ikut antri panjang atau bahkan tidak kebagian rasa kue yang kamu inginkan.

 

Featured image : https://www.escoffieronline.com/announcing-all-new-certificate-in-culinary-and-pastry-arts/

(Visited 61 times, 1 visits today)

Indonesia Lover & Penikmat kopi

3 thoughts on “Sedang Marak: Bisnis Oleh-oleh Kekinian Artis Indonesia”

  1. Bener bangettt. Di Bandung apalagi bejibunnn banget, sekarang udah merambah ke Kalimantan sama SUmatera juga. Lama-lama masa kue tradisional bisa ilang pamornya gara-gara kue ngeheits ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *